Tuesday, July 30, 2013

The Bad Beginning


Dear Reader,

I'm sorry to say that the book you are holding in your hands is extremely unpleasant. It tells an unhappy tale about three very unlucky children. Even though they are charming and clever, the Baudelaire siblings lead lives filled with misery and woe. From the very first page of this book when the children are at the beach and receive terrible news, continuing on through the entire story, disaster lurks at their heels. One might say they are magnets for misfortune.

In this short book alone, the three youngsters encounter a greedy and repulsive villain, itchy clothing, a disastrous fire, a plot to steal their fortune, and cold porridge for breakfast.

It is my sad duty to write down these unpleasant tales, but there is nothing stopping you from putting this book down at once and reading something happy, if you prefer that sort of thing.

With all due respect,
Lemony Snicket

Review:

If you are interested in stories with happy endings, you would be better of reading some other book. In this book, not only is there no happy endings, there is no happy beginning and very few happy things in the middle.

So that's why they called it A Series of Unfortunate Events.

Jujur, saya belum pernah membaca series ini. Menonton film-nya saja tidak. Bisa dibilang ketika membaca buku ini, saya tidak memiliki ekspektasi apa-apa sama sekali.

Buku untuk anak=anak selalu memiliki tokoh utama yang yatim piatu. Begitu jugadi buku ini, tidak ada awal yang menyenangkan, seperti yang sudah diperingatkan di atas. Alih-alih, di bab pertama pembaca sudah disuguhkan dengan berita kematian orangtua dari Violet, Klaus, dan Sunny; Baudelaire bersaudara.

Their misfortune began one day at Briny Beach.

Di pantai itu, mereka diberitahu tentang kebakaran di rumah yang menyebabkan kematian kedua orangtua mereka. Mereka juga harus tinggal dengan keluarga Mr. Poe, salah satu teman dekat Mr. dan Mrs. Baudelaire. Baudelaire bersaudara tidak betah tinggal di sana. Mereka tidak suka harus berbagi kamar dengan kedua anak Poe. Mereka tidak suka harus mengenakan baju-baju jelek pemberian Mrs. Poe, dan tentunya mereka tidak suka dengan keadaan mereka yang menjadi yatim piatu dan kehilangan semua benda-benda yang mereka miliki karena kebakaran itu.

Kemudian Mr. Poe berkata mereka akan tinggal bersama seorang kerabat yang bernama Count Olaf.

Sudah bisa ditebak ceritanya? Yah, secara mereka adalah anak-anak yang tidak beruntung?

Ya, ternyata Count Olaf mengadopsi Baudelaire bersaudara hanya untuk mengeruk kekayaan yang diwariskan Mr. dan Mrs. Baudelaire. Tidak hanya itu, setiap pagi dia meninggalkan kertas untuk mereka; menyuruh mengerjakan pekerjaan rumah yang tidak gampang. Seperti mengecat, atau bahkan memperbaiki jendela!

Puncaknya ketika Count Olaf naik pitam dan menampar Klaus, tepat di hadapan teman-teman Count Olaf. Hail ini tentunya sudah tidak bisa dibiarkan lagi! Tapi, siapa yang akan membantu tiga orang anak-anak yatim piatu? Mr. Poe? Justice Strauss, tetangga Count Olaf dan juga seorang hakim, yang sangat baik?

----

Lemony Snicket adalah nama pena dari Daniel Handler, yang juga menulis Why We Broke Up. (Review saya bisa dilihat di sini.) Tapi di buku ini, pembaca juga dibiarkan bertanya-tanya; Siapa Lemony Snicket? Kenapa dia tampaknya tahu banyak tentang Violet, Klaus, dan Sunny?

Dan, apakah buku ini akan berakhir bahagia? (Untuk yang satu ini, sudah lihat quote di atas? ;) )

Peringatan itu juga tidak hanya datang sekali, tapi bekali-kali. Tidak disarankan untuk orang yang mencari buku dengan akhir yang bahagia, katanya. Tapi sangat disarankan untuk orang yang sudah bosan dengan akhir yang bahagia. :)) Meskipun... ehm, cerita di buku ini agak gelap.

Gaya bercerita Lemony Snicket juga mengalir lancaaar tanpa terasa dalam waktu beberapa jam saya berhasil menamatkan buku ini. Iya, dalam waktu beberapa jam.

Tapi kurang puas. Masih kepengen tahu nasib Violet, Klaus, dan Sunny.

*baca buku keduanya*

3/5

Title: The Bad Beginning (A Series of Unfortunate Events #1)
Author: Lemony Snicket
Publisher: Scholastic
ISBN: 9780439206471

2 comments:

  1. belum baca seri ini, karna jumlah buku nya yg terbilang wow, tapi film nya keren lho! Aku suka banget ama 3 bersaudara ini.

    ReplyDelete
  2. ahhh aku masih kurang 3 buku lagi sampe tamat serial ini hihi...keren emang si lemony snicket, bisa bikin orang gregetan penasaran gimana ending petualangan anak2 yang penuh kesialan ini....

    ReplyDelete

Thank you for reading! :D