Friday, September 14, 2012

David Levithan's The Lover's Dictionary


Judul: Kamus Sang Kekasih (The Lover's Dictionary)
Penulis: David Levithan
Penerjemah: Rosi L. Simamora
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 216 hal.

Sinopsis:
yearning, kb/ks. hasrat; kerinduan.
Di pusat hasrat ini adalah keyakinan bahwa segalanya bisa sempurna.

abyss, kb. jurang yang sangat dalam.
Ada saatnya aku meragukan segalanya. Ketika aku menyesali segala sesuatu yang telah kauterima dariku, segala sesuatu yang telah kuberikan padamu, dan segenap waktu yang kusia-siakan untuk kita.

beguile, kk. memperdaya.
Kejadiannya waktu kau berjalan-jalan di seantero apartemen mengenakan boxer-ku dan kau tak tahu aku sudah bangun. Lalu cengiran itu, saat kau tahu aku sudah bangun. Kau menghabiskan banyak sekali waktu di pagi hari untuk memastikan setiap helai rambut berada di tempatnya. Tapi aku harus memberitahumu: aku paling suka seperti ini, acak-acakan, kusut-masai, berantakan.

cache, kb. tempat menyembunyikan sesuatu.
Aku memutuskan untuk membereskan meja kerjaku. Kusangka kau tengah sibuk di dapur. Tapi lalu aku mendengarmu di belakangku, mendengar kau bertanya, ”Apa isi folder itu?”. Aku yakin wajahku merah padam saat memberitahumu isinya adalah printout email-email-mu, bersama surat-surat dan catatan-catatan kecil yang diselipkan di antaranya, bagaikan bunga-bunga yang diselipkan di kamus. Kau tidak mengatakan apa-apa lagi, dan aku bersyukur karenanya.

Review:
Jatuh cinta sama formatnya. Hehehe. Baru kali ini baca buku dengan format unik seperti ini. :)

Sesuai namanya, The Lover's Dictionary atau Kamus Sang Kekasih, buku ini menceritakan tentang pasang-surutnya suatu hubungan. Kalau novel lain biasanya seperti ini: Opening --> Persoalan Inti --> Klimaks --> Anti-klimaks --> Closing, di buku ini lain.


Namanya juga kamus, ya disusun secara abjad kisah "aku" dan "kamu" ini. Kisahnya tidak selalu happy-end, karena namanya juga pasang-surut suatu hubungan. Meskipun ada juga yang unyuu sekali. Kemudian ada juga yang nyambung dari alfabet ini ke alfabet itu... :)

"Mau tak mau terpikir olehku California dan Nevada, dan betapa kita mirip dengan mereka. Kalau seseorang melukis kita dari atas sana sebagai peta, seperti itulah tampaknya, dan seperti itulah kita.
"Bersisian." -- Hal. 67

"Aku kehilangan beberapa hal. Tapi kalau aku tidak memilikimu, aku akan kehilangan lebih banyak lagi." -- Hal. 147

Suka banget pokoknya! Pengen baca novel-novel David Levithan yang lainnya. Terutama novel-novel dia dengan Rachel Cohn seperti Nick and Norah's Infinite Playlist, Dash and Lily's Book of Dares, Naomi and Ely's No Kiss List. :)

Oh ya, David Levithan masih menulis Kamus ini loh di Twitter-nya: @loversdiction

Rating: 4/5

No comments:

Post a Comment

Thank you for reading! :D