Saturday, August 17, 2013

More Weird Things Customers Say in Bookshops


Sinopsis:
Customer (holding up a book): What’s this? The Secret Garden? Well, it’s not so secret now, is it, since they bloody well wrote a book about it!

Weird Things Customers Say in Bookshops was a Sunday Times bestseller, and could be found displayed on bookshop counters up and down the country. The response to the book from booksellers all over the world has been one of heartfelt agreement: it would appear that customers are saying bizarre things all over the place - from asking for books with photographs of Jesus in them, to hunting for the best horse owner’s manual that has a detailed chapter on unicorns.

Customer: I had such a crush on Captain Hook when I was younger. Do you think this means I have unresolved issues?

More Weird Things Customers Say in Bookshops has yet more tales from the antiquarian bookshop where Jen Campbell works, and includes a selection of ‘Weird Things...’ sent in from other booksellers across the world. The book is illustrated by the BAFTA winning Brothers McLeod.



Di kopdar BBI Bandung tempo hari, kami (saya, kak Atria, dan kak Adisty) membicarakan banyak hal (well, oke, sebenarnya hanya kak Atria dan kak Adisty. Saya... kalau ketemu orang baru hanya bisa senyum-senyum dan mendengarkan, sesekali menyeletuk untuk membuktikan saya masih hidup. :)) ) seperti... pegawai toko buku.

"Lihat rak di toko buku itu, di depan ada rak untuk anak-anak, di belakangnya rak untuk dewasa. Batasan menjadi semakin kabur," kata kak Atria, yang langsung saya timpali.

"Apalagi di rak untuk anak-anak juga dicampur dengan buku remaja, young adult. Pastinya belum cocok untuk anak-anak."

"Iya. Dan pegawainya tuh biasanya belum baca buku-buku itu, jadi kalo ditanya, mana bisa mereka jawab?"

Sebelumnya, kami membicarakan buku-buku bertema dewasa seperti Harlequin, dan... uhuk, buku semacam 50 Shades of Grey. Saya lupa bagaimana dari membicarakan buku seperti itu, bisa sampai membicarakan pegawai toko buku.

Memang benar, terkadang kalau teman-teman saya bertanya tentang suatu buku ke pada Mas/Mba di toko buku, dijawab dengan sekenanya atau dengan dua kata ini, "Tidak tahu." Apa itu berarti mereka bekerja di toko buku, tapi juga tidak mengenal buku-buku yang dijual?

Umm, kalau saya sih, jarang bertanya. Kalau buku yang saya inginkan tidak ada, langsung jalan ke komputer yang disediakan untuk mencari tahu database. Kalau belum puas, baru bertanya. Dan syukurlah, belum pernah mendapatkan jawaban dua kata itu.

Jadi... muluk gak, sih, kalau kepengen di Indonesia ada yang menulis buku seperti seri Weird Things Customers Say in Bookshops? Yang bisa menceritakan tentang kejadian-kejadian aneh dan lucu ketika mereka bekerja di toko buku?

Seperti pelanggan yang merasa bukunya berhantu?

CUSTOMER: I need to return this book on ghosts.
BOOKSELLER: Is there a problem with it?
CUSTOMER: Yes. It's haunted.

Pelanggan yang sarkastis?

BOOKSELLER: Would you like a bag?
CUSTOMER: No, I'd like a divorce.

Atau....

CUSTOMER (while purchasing Reflected in You, by Sylvia Day): I don't buy books because they're beautiful; I buy them because they expand my knowledge.

Ada juga pelanggan yang baik:

CUSTOMER: Thanks for helping me find those books the other week! Here--I've brought you a cheese pasty.
BOOKSELLER: Erm... well, er, thanks!

Kalau yang ini sih saya banget. Tapi boong.

MOTHER: If you want to buy a book you'll have to use your own money. I've bought you enough books already!
DAUGHTER: But I've read all those books!
MOTHER: Well then, maybe you should learn to read slower!

Begitulah. :))

Yah, syukur kalau ada yang tergerak untuk menulis autobiografi pengalaman kerjanya saat bekerja di Gr*media, T*gamas, atau toko buku lainnya. :))

Oh ya, More Weird Things gak selucu buku pertamanya, dan ternyata banyak teman-teman yang sudah membaca ini merasakan hal yang sama. Kenapa, ya? Padahal yang diceritakan tidak hanya dari toko buku lho, tapi ada juga di perpustakaan, dan saat Jen Campbell ini sedang mengadakan book signing.

3/5

Judul: More Weird Things Customers Say in Bookshops
Penulis: Jen Campbell
Penerbit: Constable and Robinson
Format: Ebook

1 comment:

  1. Bener juga nih soal pegawai toko buku suka ga tau isi bukunya, pas lagi belanja ke periplus malah ditawarin '50 Shades of Freednya, dek' -_-

    ReplyDelete

Thank you for reading! :D