Thursday, November 15, 2012

Theodore Boone - Kid Lawyer


Judul: Theodore Boone: Pengacara Cilik - Kid Lawyer
Penulis: John Grisham
Penerjemah: Monica Dwi Chresnayani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 272 halaman.

Sinopsis:

Theo Boone, 13 tahun, tahu banyak tentang hukum, sebab kedua orangtuanya pengacara dan ia kenal baik dengan para hakim, polisi, serta petugas pengadilan. Ia ingin menjadi pengacara hebat, beraksi dari satu ruang sidang ke ruang sidang lain.

Dan sekarang Theo betul-betul berada di ruang sidang. Karena tahu begitu banyak----mungkin terlalu banyak----ia terseret ke dalam persidangan kasus pembunuhan yang sensasional.

Seorang pembunuh berdarah dingin mungkin akan bebas, dan hanya Theo yang tahu fakta sebenarnya.

Review:

Meskipun baru beberapa bulan lalu saya membaca novel ini, tapi saya masih ingat kalau saya menganggap novel ini... datar.

Iya, datar.

Ceritanya tentang seorang ABG umur 13 tahun bernama Theodore Boone. Lahir di keluarga pengacara membuat dia mengenal hukum jauh lebih baik dibanding anak seumurannya. Jauh lebih baik sampai-sampai agak sulit dipercaya anak umur 13 tahun memiliki passion besar terhadap dunia yang dimasuki pengacara, hakim, jaksa, dan teman-temannya.

Hal yang sama pernah terjadi waktu saya membaca Joshua Files, Joshua yang terlalu muda membuat ceritanya begitu... tidak realistis. Hal itu terobati dengan sekuelnya yang menjelaskan kalau Josh tidak akan pernah lagi sama setelah kejadian yang dialaminya. Sementara Theo? Entahlah.

Jadi, ada kasus pembunuhan di kota tempat tinggal Theo. Sebagai anak yang kepo ingin tahu, dia ikut berusaha menyelidiki siapa pembunuh Mrs. Duffy? Apakah suaminya, Pete Duffy?

Terlalu membosankan untuk novel middle-grade atau YA. Atau mungkin karena saya keseringan baca novel fantasy yang alurnya cepat dan bikin ngos-ngosan? :|

Saya memberi tiga bintang karena kepiawain John Grisham tentang dunia hukum, karakterisasi Theo (meskipun kurang realistis karena dia baru berumur 13) dari sudut pandang orang ketiga.

Moga-moga saja buku John Grisham yang adult gak sedatar ini. :|

Rating: 3/5

6 comments:

  1. John Grisham emang spesialisasinya novel hukum, li..
    tapi buku2nya lumayan keren kok... jadi yg ini alurnya datar yah.. hmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus ya bukunya yang lain? Aku baru baca yang ini. :|

      Delete
  2. Kabarnya John Grisham emang penulis yang seringnya mengambil alur lambat, jadi kadang agak membosankan. Aku sendiri baru baca theodore boone ini, dan anggapannya hampir mirip denganmu, kurang seru dan gak terlalu membuat penasaran, tapi aku suka karakter pamannya yang eksentrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga suka Ike, mbak. Buku keduanya sih lumayan...

      Delete
  3. Aku malah belum pernah baca buku-bukunya John Grisham :D
    hmmm,,,kayaknya untuk baca pertama gk bakal baca buku ini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya mending baca buku dewasanya aja dulu deh, Mbak. Kata temenku lebih bagus yang itu.

      Delete

Thank you for reading! :D