Friday, November 23, 2012

Pertama Kali Ketemu BBI Itu...

.... hahaha telat bikin post-nya. *digetok Mbak Ren*



Saya memang masih newbie di sini dan mungkin saya mengenal BBI untuk pertama kalinya itu tahun lalu, ketika saya ikutan Goodreads dan bergabung di Goodreads Indonesia. Ada dua trit berjudul "Daftar Blog Buku Indonesia" dan "Update Blog Buku Indonesia". Dari situ saya mulai blogwalking, mencari-cari kali aja ada yang satu selera sama saya dan udah baca buku yang lagi saya incer jadi saya bisa tahu bagus/tidaknya buku itu.

Lalu, teman saya, Haniva, setelah saya tanya apa dia tahu BBI, ternyata langsung ikut. Sementara saya sendiri punya blog di Tumblr malah dipakai buat galau, belum pernah meresensi buku sama sekali kecuali untuk tugas. Sampai akhirnya saya coba-coba sendiri bikin resensi, dan ditulis di Tumblr, tapi pakai bahasa Inggris bahkan untuk buku terjemahan. Hahaha. Tapi karena saya waktu itu masih sering online di warnet jadi gak bisa sering-sering nge-blog, tulis resensi lewat Goodreads juga di HP.

Adalah suatu hari ketika ide gila saya muncul untuk membuat suatu akun fanbase Divergent karena saya bosan fangirling sendiri di Twitter, (ini akunnya:@DivergentID iya numpang promo) dan di hari itu ketika sedang mengecek followers (dulu followers-nya masih dikit loh, masih puluhan, sekarang udah ratusan hore!) saya menemukan akun ini: @peri_hutan. Yang tentu saja familiar buat saya karena saya suka ngepoin baca review yang ditulis Mbak Sulis baik di Kubikel Romance dan Kutu Bokek (Mbak Sulis lagi ulang tahun loh waktu saya nulis ini! Selamat ulang tahun, Teteh Peri Hutan dan Spesies Langka Kutu Bokek yang Suka Buku Romance!)

Sejak itu, saya pengen ikut jadi anggota BBI. Lalu saya mulai merencanakan semuanya. Mulai dari URL yang akan saya pakai, sampai mau nge-post apa saja selain review.

Nah, soal URL, kenapa theblackinthebooks? Soalnya mau theblackinthebook gak pake S udah gak available. Soalnya saya nge-fans banget sama Owl City, dan ada satu lagu judulnya The Technicolor Phase yang jadi soundtrack-nya Alice in Wonderland. Ada satu liriknya yang berbunyi seperti ini:

I am the black in the book. The letters on the pages that you memorize.
... yang menginspirasi saya juga saat membuat header blog.

Pernah message om Rahib Tanzil, selaku Ketua Pendiri Pencetus yang kata Haniva kalau mau ikutan daftar aja ke beliau, eh ternyata post saya di The Black in The Book ini kurang 2 lagi. Ya sudah saya tambah deh. Saya lapor lagi ke Rahib dan melalui balasan beliau, saya boleh pasang banner BBI di blog. :))

Karena BBI, saya jadi ketemu teman-teman yang sama kayak saya. Karena BBI, saya juga ikut-ikutan nimbun. Karena BBI, saya gak merasa aneh kalau merasa kesal karena ada orang yang memperlakukan buku seenaknya, ada temen. :p

Mau ikutan BBI? Meluncur yuk ke post-nya Mbak Oky, klik di sini.

Terima kasih BBI dan om Rahib yang memberi saya kesempatan. :)


4 comments:

  1. huaaa tersanjungb 4 akuh baca postinganmu ini Aul, hehehe, makasih ya udah numpang tenar di sini :)
    oh, ternyata kamu pendiri akun @DivergentID toh, ak ngefollow loh :)
    Btw nama blognya keren, apalagi di bagian headernya tentang tulisan dan nama blog kamu, suka banget, jadi pengen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih, Mbak! :D Kalo header itu sebenernya iseng aja gara-gara ngeliat temen pas praktik komputer malah ngetik gak pakai spasi, aku jadi keinspirasi dari situ. :p

      Delete
  2. Kesannya dari blog ini tuh gothic ya? Biasanya anak seusiamu itu tuh girly pinky gitu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kan disesuaikan sama URL-nya, mbak. :p Tapi aku memang lebih suka warna hitam (dan putih).

      Delete

Thank you for reading! :D