Saturday, October 6, 2012

Sarah Dessen's This Lullaby


Judul: This Lullaby
Penulis: Sarah Dessen
Penerjemah: Stephanie Yuanita
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tebal: 454 hal.
Format: Paperback.
Source: Rumah Buku Bandung.

Sinopsis:


Remy selalu tahu kapan waktu yang tepat untuk memberi pidato pada para kekasihnya jika dia ingin mengakhiri hubungan mereka: tepat setelah serbuan romatis di saat-saat hubungan menghangat, tapi sebelum keterlibatan emosional nyata terjadi. Dengan begitu banyak pengalaman mencampakkan pria, seharusnya Remy memiliki saat yang sempurna untuk menjalankan rencananya. Apa lagi dia telah mempelajari semua itu dari ibunya sendiri, ibu yang telah menikah empat kali dan sedang menuju pernikahannya yang kelima. Jadi ada apa dalam diri Dexter yang membuatnya begitu sulit bagi Remy untuk mengikuti aturannya sendiri?

Dexter tipikal pria yang dibencinya: berantakan, tak teratur, impulsif, dan paling parah dari semuanya, seorang musikus seperti ayahnya. Ayah yang tak pernah dikenalnya, pria yang menciptakan sebuah lagu yang terkenal untuknya namun menghilang dari hidupnya. Remy tak pernah punya masalah untuk keluar dari sebuah hubungan sebelumnya. Tapi ada sesuatu tentang Dexter...

Mungkinkah Remy akhirnya menemukan sendiri apa yang tertulis dalam semua lagu cinta? Sarah Dessen, penulis Someone Like You dan Dreamland, akan memberikan novelnya yang memikat hati para pembaca, saat dia mengenalkan kita pada seorang gadis yang percaya bahwa hatinya terbuat dari batu dan pemuda yang membuktikannya salah.
Review:

Lebih suka buku ini dibanding Just Listen. :)

Saya bosan dengan novel-novel di mana si laki-laki sangat misterius dan tidak diketahui asal-usul jati dirinya. Tapi gak tahu kenapa saya masih kecanduan membaca novel seperti itu. ><

Novel ini berbeda. Novel ini seperti membawa angin segar bagi saya yang kecanduan novel-novel fantasy dan dystopia di mana karakter utamanya (biasanya perempuan) adalah orang-orang yang kuat, dengan atau tanpa kekasih.

Sudah lama saya tidak memberi alasan mengapa harus membaca novel ini. Yuk intip Kamu Akan Suka Membaca Ini Kalau:
  1. Kamu pernah seperti Remy. Remy yang tidak pernah percaya cinta, Remy yang berperan sebagai Ibu dan Ibunya berperan sebagai seorang anak, Remy yang kerap kali melihat kegagalan pernikahan Ibunya... Remy yang berpacaran dengan banyak laki-laki untuk membuktikan ke pada diri sendiri kalau cinta itu tidak ada. Saya menyukai Remy yang sarkastis, dan rasanya saya juga bisa ikut merasakan apa yang Remy rasakan. Satu bintang untuk Sarah Dessen karena saya jarang terhanyut dalam pikiran seorang karakter.

    "Sebenarnya memang itu alasan aku memilihnya. Maksudku, aku akan pergi kuliah musim gugur nanti. Aku tak bisa menjalin komitmen besar. Karena itu semua ini sempurna, kau tahu. Akhir yang sudah jelas. Tidak akan ada komplikasi.
  2. Kamu menyukai tokoh laki-laki yang adorable. Sudah saya katakan, saya bosan membaca novel di mana tokoh laki-laki menjadi misterius. Dexter tidak. Dia lucu dan baik. Mungkin karena novel ini termasuk di dalam genre contemporary, makanya Dexter terasa begitu nyata. Rasanya ada laki-laki seperti dia di luar sana. #cieeeeeeh

    "Kau melakukannya!" serunya, tertawa keras-keras. Kau membelikanku beberapa garpu, dan pisau, dan sendok. Karena--"
    "Tidak," kataku lantang.
    "--kau mencintaiku!"
  3. Kamu menyukai musik. Oke, novel ini memang tidak seperti If I Stay yang memiliki Adam dan Mia sebagai musisi. Tapi Dexter juga seorang vokalis band. Mungkin alasan kenapa Sarah Dessen membuat Dexter sebagai seorang musisi agar Remy bisa mengingat Ayahnya. :)
  4. Kamu menyukai cerita cinta. Novel ini menceritakan tentang cinta--sudah jelas. Tapi tidak hanya tentang cinta hubungan Remy dan Dexter, novel ini menceritakan juga tentang cinta antar keluarga dan sahabat... Realistis dan indah sekali.
Overall, novel ini memang angin segar untuk saya yang jarang membaca contemporary YA dan saya jarang kecewa dengan genre satu ini! Di halaman paling belakang ada blurb novel-novel Sarah Dessen yang lainnya seperti Dreamland, Keeping The Moon, dan Someone Like You (never mind I'll find someone like you~) . Apa jangan-jangan ini #kode dari pihak Elex untuk menerbitkan novel-novel itu? :))

Bagus, malahan, kalau Elex memang berencana untuk menerbitkan novel-novel Sarah Dessen yang lainnya. Tapi saran saya cuma satu: typo-nya tolong diminimalisir. :p

This lullaby is only a few words
A simple run of chords
Quiet here in this spare room
But you can hear it, hear it
Wherever you may go
Even if I let you down
This lullaby plays on...

Rating: 4/5

4 comments:

  1. AKU SUKA BANGET NOVEL INIII!!

    Hehe. Dexternya itu lhoo dodol banget. Dia banyak banget kekurangannya tapi justru itu yang bikin dia adorable.

    Typo errornya tapi parah banget yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AAAH SAMAAAA! *toss*

      Tapi typo-nya masih mending daripada Just Listen yang terjemahan...

      Delete
    2. Yang Just Listen aku ngeliat covernya langsung males. Yang terjemahan Indo ya maksudnya. Aku tipe yang judge the book by its reviews and cover soalnya. kkk...

      Delete
  2. BENER!! TYPONYA!!
    sebenernya sih aku belum baca yg this lullaby, bru baca along the ride sama the truth about forever.. pengen baca this lullaby tapi susah bener nyarinya.. kebanyakan yg masih bahasa inggris..

    ReplyDelete

Thank you for reading! :D